Logo

EN | ID

NGOPINI SAWIT #4: Mandatori Biodiesel, Tantangan dan Peluang

AURIGA -  

17 Desember 2020 - Auriga Nusantara menyelenggarakan webinar NGOPINI SAWIT #4 bertajuk Mandatori Biodiesel, Tantangan dan Peluang. Tema ini diangkat karena kebijakan mandatori biodiesel berpotensi meningkatkan alih fungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit. Dengan ambisi Presiden Joko Widodo yang ingin mempercepat implementasi biodiesel bahkan hingga B100. Kebijakan yang diklaim memberikan banyak dampak positif ini dapat mengancam hutan Indonesia.

Webinar yang disiarkan secara langsung melalui YouTube Auriga ini menghadirkan 4 pembicara, yaitu Moch. Edy Yusuf (Asdep Pengembangan Agribisnis Perkebunan, Deputi II Kemenko Perekonomian), Agus Saptono (Kepala Subdirektorat Pelayanan dan Pengawasan Usaha Bioenergi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral), Yardinal (Manager Biofuel & Additive Supply Chain Pertamina), dan Ramada Febrian (Peneliti Yayasan Auriga Nusantara).

Informasi dan data yang ditunjukkan pada acara ini dapat menjadi bahan masukkan bagi pemerintah dalam mengevaluasi kebijakan mandatori biodiesel. Terutama dalam mempertimbangkan peningkatan level campuran pada biodiesel dengan solar.

Silahkan tonton di channel Auriga Nusantara