Logo

EN | ID
  • FGD: Mengukur tatakelola dan perilaku bisnis tambang di Indonesia

    Kamis, 17 Desember 2020 - Auriga Nusantara mengadakan diskusi terfokus melalui virtual untuk mensosialisasikan apa dan bagaimana instrument Responsible Mining Index (RMI) bekerja dan meminta masukkan dari stakeholder yang terdiri dari pemerintah, perusahaan tambang yang diwakili oleh asosiasi dan organisasi masyarakat sipil yang bekerja pada isu industri ekstraktif.

  • NGOPINI SAWIT #4: Mandatori Biodiesel, Tantangan dan Peluang

    Kamis, 17 Desember 2020 - Tema ini diangkat karena kebijakan mandatori biodiesel berpotensi meningkatkan alih fungsi hutan menjadi perkebunan kelapa sawit. Dengan ambisi Presiden Joko Widodo yang ingin mempercepat implementasi biodiesel bahkan hingga B100. Kebijakan yang diklaim memberikan banyak dampak positif ini dapat mengancam hutan Indonesia.

  • ZigZag Episode #4: Limbah Lagi, Limbah Lagi

    Rabu, 11 November 2020 - Auriga Nusantara bersama Change.org Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Tempo kembali mengadakan serial diskusi daring #ZigZag Episode ke-4, Limbah lagi, Limbah lagi.

  • Bincang Hukum #2
    WILDLIFE IN INDONESIA: LOSS, DAMAGE AND SANCTIONS

    Topik ini diangkat karena, melalui analisis terhadap putusan-putusan hukum selama ini, minimnya perspektif pemulihan pada putusan hukum kasus perdagangan ilegal satwa liar (illegal wildlife trade - IWT) di Indonesia.

  • Strategic Litigation Workshop (15 & 22 Juni 2020)

    Webinar. Bekerja sama dengan Climate Advisers, Auriga Nusantara akan menyelenggarakan Strategic Litigation Workhsop secara online pada tanggal 15 dan 22 Juni 2020. Acara ini akan secara terbatas mengundang kelompok masyarakat sipil yang bergerak pada isu konservasi sumberdaya alam dan lingkungan hidup (SDA-LH).

  • FGD: Menyikapi Peniadaaan SVLK Pada Ekspor Produk Kehutanan oleh Permendag 15/2020

    Bogor, 20 Maret 2020 – Auriga dan organisasi masyarakat sipil, seperti JPIK, ICEL, KAOEM TELAPAK, FWI, IFM Fund, duduk bersama membahas dan menyikapi terbitnya Permendag 15/2020 (Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 15 Tahun 2020 tentang Ketentuan Ekspor Produk Industri Kehutanan).

  • FGD: MENDORONG INDUSTRI PULP AND PAPER LEBIH BERTANGGUNG JAWAB

    Jumat, 24 Januari 2020--Auriga Nusantara mengundang masyarakat sipil dari provinsi-provinsi pemilik kebun dan industri pulp and paper (hutan tanaman industri – HTI) mendiskusikan upaya bersama mendorong sektor ini agar lebih bertanggung jawab.

  • FGD: KAJIAN KINERJA ISPO

    Jumat, 24 Januari 2020--Auriga Nusantara menggelar diskusi terarah (focused group discussion – FGD) mengkaji Kinerja ISPO (Indonesia Sustainable Palm Oil). FGD ini diikuti oleh akademisi dari berbagai universitas, yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Palangkaraya (Unpar).

  • Konsultasi #1: PENYUSUNAN PROTOKOL KEAMANAN ENVIRONMENTAL DEFENDER

    Bengkulu, 18-21 Desember 2019—Bersama Walhi Bengkulu, Auriga Nusantara menyelenggarakan konsultasi #1 penyusunan protokol keamanan pembela lingkungna (environmental defender). Kegiatan ini mengundang masyarakat sipil dari setiap provinsi di Sumatera.

  • PELATIHAN JURNALIS MERAUKE: PERLINDUNGAN DAN RESTORASI GAMBUT

    Merauke, 4 Desember 2019—Bertempat di di Swiss-Belhotel Merauke, Auriga bekerja sama dengan Kemitraan dan Badan Restorasi Gambut menyelengarakan pelatihan terhadap jurnalis perihal perlindungan dan restorasi gambut.